Indonesia sudah lama menjadikan kelapa sawit sebagai salah satu komoditas andalan karena situasi iklim yang sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman kelapa sawit. Namun selain iklim yang cocok, untuk menghasilkan kelapa sawit dengan hasil yang maksimal, tanaman harus diberi pupuk yang tepat dan salah satu pupuk yang cocok untuk tanaman kelapa sawit adalah pupuk NPK.

Apa Itu Pupuk NPK?

Pupuk NPK adalah pupuk yang memiliki kandungan Nitrogen, Fosfor (Phosphor) dan Kalium sehingga disingkat menjadi NPK. Pupuk ini akan secara khusus bekerja baik untuk kelapa sawit karena nitrogen adalah unsur hara yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan kelapa sawit. Untuk menumbuhkan kelapa sawit yang sehat dan baik, unsur nitrogen yang banyak akan diperlukan.
Nitrogen berperan sangat penting untuk pertumbuhan tunas tanaman sawit sehingga krusial dalam tahap pembibitan. Nitrogen juga berperan besar untuk pertumbuhan daun ketika tanaman sedang dalam fase vegetatif. Jika tanaman sawit kekurang nitrogen, pertumbuhannya bisa terhambat dengan munculnya ciri-ciri seperti daun yang berwarna hijau pucat bahkan kekuningan.
Unsur kedua dari pupuk NPK untuk kelapa sawit adalah fosfor. Unsur hara yang satu ini secara khusus berperan untuk memperkuat bagian akar serta batang tanaman sawit. Tidak hanya itu, fosfor juga berperan penting untuk menghasilkan buah sawit yang sehat dan berkualitas tinggi. Jika sawit tidak mendapatkan asupan fosfor yang cukup, daun bisa berwarna keunguan dan tanaman bisa berukuran kerdil.
Unsur terakhir pada pupuk NPK adalah kalium yang secara spesifik akan menghasilkan buah yang baik. Kalium akan meningkatkan biosintetis fotosintetis dan konduktasi dari stomata di bagian daun sehingga akan merangsang asimilasi yang bersih dari karbon sehingga akan menghasilkan buah sawit yang sehat dan berkualitas.
Jika tanaman sawit tidak mendapatkan asupan kalium yang cukup, tanda-tanda yang muncul biasanya adalah munculnya bintik kuning pada daun yang menyebar dan kemudian menyatu, kadang bisa menutupi seluruh permukaan daun. Tanda lain adalah munculnya garis putih lurus pada kedua sisi tulang daun yang berada di tengah-tengah daun.

Ganoderma

Pupuk NPK tidak hanya akan menjamin tumbuhnya tanaman kelapa sawit yang sehat serta berbuah baik dan berkualitas tinggi, tapi juga bisa menjaga tanaman sawit dari salah satu penyakit fatal yang cukup sering menjangkit tanaman sawit yaitu jamur ganoderma.
Salah satu bentuk pencegahan ganoderma yang juga bisa dicoba adalah dengan memberikan pupuk hayati mikoriza yang sudah melalui proses bioteknologiyaitu Fumyco yang akan berperan sebagai imunisasi terhadap tanaman sawit terutama akar supaya nantinya tanaman kelapa sawit akan terlindungi dari penyakit akar termasuk jamur ganoderma.

Share This