Meskipun sudah banyak digunakan oleh petani untuk memberikan manfaat optimal pada tanaman, akan tetapi nyatanya masih banyak orang yang belum paham mengenai apa itu pupuk NPK. Terlebih lagi, belakangan ini banyak orang yang mengklaim bahwa penggunaan pupuk tersebut dapat membantu dalam mengendalikan hama ganoderma dan mengoptimalkan produksi buah pada tanaman kelapa sawit. Bagi Anda di rumah yang mungkin butuh informasi mendalam seputar jenis pupuk satu ini, maka bisa langsung menyimak detail ulasannya di artikel berikut ini.

Pengertian dan manfaat pupuk NPK pada tanaman kelapa sawit

Untuk menjadikan kelapa sawit dapat tumbuh dengan optimal dan bisa memproduksi buah dalam jumlah banyak, maka diperlukan perawatan yang baik di dalamnya. Berkaitan dengan hal tersebut, di sini Anda bisa memanfaatkan penggunaan pupuk tersebut untuk membasmi masalah yang sering dialami oleh tanaman kelapa sawit itu sendiri. Adapun salah satu masalah yang umum dialami tanaman kelapa sawit, yakni adanya penyakit ganoderma.

Dimana, adanya penyakit ganoderma tersebut dikatakan dapat merusak dan menurunkan produksi buah tanaman kelapa sawit. Akan tetapi jika Anda menggunakan produk pupuk khusus NPK, maka hal ini akan dapat diatasi dengan baik. Sebelum mengetahui manfaat yang ditawarkan dari pupuk khusus NPK, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui pengertiannya terlebih dahulu.

Dalam hal ini dikatakan, bahwa pupuk NPK yang sering digunakan pada tanaman sawit merupakan sejenis pupuk yang memiliki kandungan 3 unsur hara makro seperti nitrogen, fosfor dan kalium. Penggunaan pupuk satu ini, biasanya banyak digunakan para petani kelapa sawit lantaran berguna dalam membantu pertumbuhan tanaman dan menjadikan perkembangan tanaman lebih maksimal. Adapun untuk manfaat dari penggunaan pupuk jenis NPK, yakni sebagai berikut.

  1. Berfungsi sebagai asam amino, asam nukleat, nukleotida dan klorofil
    Salah satu manfaat penting dari penggunaan pupuk NPK, yakni dapat berfungsi sebagai penyusun asam amino / protein, asam nukleat, nukleotida dan klorofil. Hal ini dikarenakan, pupuk tersebut memiliki unsur kandungan nitrogen di dalamnya. Dengan demikian, maka menjadikan tanaman lebih hijau, menjadikan pertumbuhan tanaman lebih cepat dan meningkatkan kandungan protein pada hasil panen.
  1. Sebagai penyimpan dan menyalurkan energi untuk semua aktivitas metabolisme tanaman
    Selanjutnya karena memiliki kandungan fosfor, menjadikan pupuk NPK juga berguna sebagai penyimpan dan menyalurkan energi untuk semua aktivitas metabolisme tanaman di dalamnya. Selain itu, penggunaan pupuk ini juga dapat memacu pertumbuhan akar tanaman, merangsang pembentukan bunga & pematangan buah, mengoptimalkan produksi buah kelapa sampai dengan meningkatkan daya tahan terhadap penyakit, khususnya penyakit ganoderma.
  1. Sebagai aktivator enzim dalam membantu proses metabolisme tanaman sawit
    Adapun manfaat terakhir dari penggunaan pupuk NPK, yakni dapat dijadikan sebagai aktivator enzim dalam membantu proses metabolisme tanaman kelapa sawit. Ini dikarenakan, pupuk tersebut memiliki kandungan kalium yang juga turut membantu proses penyerapan air dan unsur hara dalam tanah. Di samping itu, pupuk ini juga turut membantu menyalurkan hasil asimilasi dari daun ke seluruh jaringan tanaman di dalamnya.

Itulah tadi pembahasan penting mengenai apa itu pupuk NPK dan manfaatnya bagi tanaman kelapa sawit, khususnya dalam mengendalikan penyakit ganoderma dan mengoptimalkan produksi tanaman tersebut. Untuk Anda yang ingin menggunakan pupuk NPK berkualitas, bisa membelinya di pupuk FUMYCO sekarang juga!

Share This